PRESENTASI DAN PENILAIAN “ANUGERAH BUPATI ACEH BARAT” DALAM PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN DANA DESA TINGKAT GAMPONG DAN KECAMATAN TAHUN 2017”

1

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Bappeda kembali melaksanakan penilaian terhadap perencanaan dan pengelolaan dana desa di tingkat gampong dan kecamatan, hal ini dilakukan untuk memacu aparatur gampong dan kecamatan lebih efektif dalam pemanfaatan dan pengelolaan dana gampong, sehingga tepat sasaran. Acara Presentasi dan Penilaian Anugerah Bupati Aceh Barat ini merupakan tahap kedua dalam proses penilaian, setelah sebelumnya telah dilakukan kunjungan lapangan ke 12 Kecamatan dan 12 Gampong pada tanggal 1 s.d 26 Februari 2018 untuk memverifikasi kelengkapan dokumen pendukung terhadap pelaksanaan dana desa, baik dokumen perencanaan maupun penganggaran serta laporan pelaksanaan kegiatan.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Barat (Drs. Said Fauzi. S,  M.Si), dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa mekanisme penilaian anugerah ini sesuai dengan yang tercantum didalam Peraturan Bupati Aceh Barat tentang Tata Cara dan Mekanisme Penilaian Anugerah Bupati Aceh Barat, dimana persentase penilaian terdiri dari dua kategori yaitu : Kunjungan lapangan sebesar 30% dan Presentasi sebesar 70%. Acara ini direncanakan berlangsung selama 4 (empat) hari dimulai tanggal 5 s.d 9 Maret 2018. Sedangkan Tim Penilai independen terdiri dari :

  1. Teuku Ahmad Yani, SH, M. Hum dari Universitas Teuku Umar;
  2. Zainal Putra, SE. MM dari Universitas Teuku Umar;
  3. Mulyagus, S. STP. M. Si dari unsur Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D);
  4. Mustafa Husin, S.Sos unsur Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D);
  5. Muqlisuddin, SE dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Barat.

Kemudian, Kepala Bappeda juga mengharapkan kepada tim penilai agar melakukan penilaian seobjektif mungkin dan mengajukan pertanyaan sesuai dengan bidang tugas masing-masing, sehingga hasil dari penilaian tersebut memang menggambarkan kapasitas dari masing-masing kecamatan dan gampong.

2

345

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>