PELATIHAN KELAS PENDAFTARAN AWAL MEKANISME PEMUTAKHIRAN MANDIRI DATA TERPADU PROGRAM PENANGANAN FAKIR MISKIN KABUPATEN ACEH BARAT

Untitled-2 copy

Meulaboh, 04 Desember 2017. Bidang Sosial Budaya dan Keistimewaan Aceh dibawah Sub Bidang Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Bappeda Aceh Barat kembali menggelar Pelatihan MPM Data Terpadu PPFM untuk Kelas Pendaftaran Awal Tingkat Gampong.

Pelatihan Koodinator Kelas Pendaftaran Awal yang diikuti oleh 322 masyarakat mewakili dari setiap gampong, dibuka oleh Kepala Bidang Sosial Budaya dan Keistimewaan Aceh Bappeda Aceh Barat. Perwakilan masyarakat ini ditunjuk oleh Keuchik dengan membawa rekomendasi, SPT dan SPPD. Pelatih Koordinator Kelas Pendaftaran Awal sebanyak 2 orang yang bertindak sebagai Trainer (Dinas Sosial Kab. Aceh Barat), dibantu oleh Koordinator Entry Data (Dinas Dukcapil dan DPMG Kab. Aceh Barat) dan Koordinator Verifikasi Rumah Tangga Kabupaten (Dinas Sosial dan Dinas Kominsa Kab. Aceh Barat), serta Administrator Data sebagai fasilitator kegiatan (Bappeda Kab. Aceh Barat). Pelaksanaan kegiatan ini juga di hadiri oleh BPS Aceh Barat dan di dukung oleh KOMPAK Aceh.

Pelaksanaan pelatihan ini dibagi dalam dua gelombang dengan 4 kelas. Gelombang pertama dimulai pukul 08.30 hingga 12.00 Wib, dengan membaginya menjadi 2 kelas A dan B. Dilanjutkan gelombang kedua mulai pukul 13.30 hingga 17.30 Wib, dengan dua kelas C dan D.

Hasil pelatihan sebagai berikut: (a) Sebanyak 285 gampong atau 89 persen mengikuti pelatihan, sedangkan 37 gampong lainnya atau 11 persen tidak hadir dan akan dilatih dalam tahun 2018 mendatang; (b) Peserta diberi pemahaman tentang tugas-tugas sebagai koordinator petugas pendaftaran awal pemutakhiran data; (c) Pengenalan kuesioner/formulir pendaftaran awal sebagai atribut yang digunakan dalam pemutakhiran data yang dilakukan secara offline; (d) Pelaksanaan pendaftaran awal di setiap gampong akan di mulai dalam tahun 2018 atau paling lambat setelah kabupaten menerima formulir, modul dan handbook pelaksanaan pemutakhiran dari TKP2K Aceh; dan (e) diharapkan pelaksanaan MPM Kabupaten Aceh Barat dapat dilakukan secara serentak oleh 322 gampong di Kabupaten Aceh Barat dalam tahun 2018.

IMG_7709 IMG_7705 IMG_7721 IMG_7727

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>