MUSRENBANG RKPD KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2019

7

                Kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Barat Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Maret 2018 bertempat di Aula gedung Musyawarah Bappeda Kabupaten Aceh Barat Dengan Tema Pembangunan “Pengembangan Ekonomi Kerakyatan dan Percepatan Pembangunan Ketahanan Pangan, demi Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Gampong Berbasis Potensi Lokal”. Dalam laporan singkat ketua panitia yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Barat Drs. Said Fauzi S, M. Si Musrenbang ini merupakan Musrenbang pertama pada periode pemerintahan Tahun 2017-2022 sekaligus agenda kegiatan tahap lanjutan yang sebelumnya telah diawali dengan rangkaian Musrenbang di Tingkat Gampong pada akhir Desember 2017 s.d awal Januari 2018, Musrenbang Khusus Perempuan, Anak dan Disabilitas pada tanggal 15 – 23 Januari 2018, Musrenbang Tingkat kecamatan pada tanggal 1 – 26 Februari 2018, dan Forum SKPK pada tanggal 7 Maret 2018. Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan ini adalah untuk melakukan penyelarasan dan sinkronisasi program dan kegiatan proritas Kabupaten Aceh Barat dengan hasil musrenbang kecamatan.

                Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS tersebut turut mengundang unsur Forkopimda, Anggota DPRA, Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, Anggota DPRK, Bappeda Aceh, Bupati dan Kepala Bappeda Kabupaten Tetangga, Instansi Vertikal, Perguruan Tinggi, Kepala SKPK, Unsur Perwakilan Kecamatan dan Gampong dengan total peserta kurang lebih 400 orang. dalam kesempatan ini Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menyatukan konsep pembangunan yang bersinergi dan terintegrasi, karena langkah awal ini akan menjadi dasar dalam penyusunan rancangan KUA dan PPAS serta APBK Tahun 2019 dan kepada Kepala SKPK ditekankan dalam menyusun program dan kegiatan harus diselaraskan dengan Visi dan Misi yang telah ditetapkan agar program dan kegiatan tersebut benar-benar dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap percepatan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Aceh Barat. Selanjutnya kepada SKPK dan delegasi dari kecamatan agar lebih memfokuskan pada program-program unggulan seperti jalan lingkar, pembangunan pertanian serta peningkatan perekonomian masyarakat.

                Dalam kesempatan ini juga Wakil Ketua DPRK Aceh Barat Samsi Barmi menyampaikan harapan bahwa langkah-langkah penanganan program kegiatan yang dibahas melalui musrenbang ini mampu dilaksanakan dengan baik dan kepada peserta dapat mengawal setiap program tersebut agar tepat sasaran dan tidak menjadi polemik dimasa yang akan datang. Beliau juga menyampaikan bahwa Anggota DPRK telah melakukan Reses atau penjaringan aspirasi masyarakat pada masing-masing daerah pemilihan dan hasil reses tersebut telah disampaikan kepada Bupati dalam bentuk Pokok-Pokok Pikiran DPRK yang akan dijadikan bahan masukan bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan anggaran pembangunan Tahun Anggaran 2019.

                Sedangkan dari Pihak Bappeda Provinsi dalam hal ini diwakili oleh Kepala UPTB-PDGA Bappeda Aceh Muhammad Fadhil, ST, MT memaparkan Arah Kebijakan Kewilayahan, Strategi dan Prioritas Pembangunan Aceh Tahun 2019 yang dapat dijadikan acuan bagi Pemerintah Daerah dalam menyusun program dan kegiatan tahun 2019.

                Dalam momen musrenbang ini Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada Perusahaan Pelaksana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Kabupaten Aceh Barat Tahun 2018 dan Pemenang Anugerah Bupati Aceh Barat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Dana Desa Tingkat Gampong dan Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Tahun 2017.

Untuk Penghargaan Perusahaan dibagi menjadi tiga kategori : Kategori Utama, peringkat pertama diberikan kepada PT. Mifa Bersaudara, peringkat II PT. Karya Tanah Subur, hadiah diberikan langsung oleh Anggota DPRA Dapil Aceh Barat H. Zuriat Supardjo, SP dan Abdullah Saleh, SH.

Sedangkan untuk kategori madya dan pratama hadiah diserahkan oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Barat Samsi Barmi dengan pemenang : Ketegori Madya, peringkat pertama diberikan kepada PT Agra Budi Jasa Bersama, Peringkat II PT. Mopoli Raya, Peringkat III PT. Betami, dan Peringkat IV PT. Bank Aceh Syariah Cabang Meulaboh. Kemudian Kategori Pratama diberikan kepada 9 Perusahaan yaitu PT. Bank Rakyat Indonesia, PT. Agro Sinergi Nusantara, PT. Nirmala Coal, PT. Prima Agra Aceh Lestari, PT. Aceh Hydropower, PT. Bank Mandiri, PT. Potensi Bumi Sakti, PT. Bank Negara Indonesia, dan PT. Indonesia Pacific Energy.

1

Pemenang Anugerah Bupati Aceh Barat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Dana Desa Tingkat Gampong dan Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Tahun 2017, untuk tingkat Kecamatan Kategori Utama, Juara Terbaik I diberikan Kepada Kecamatan Meureubo, ini merupakan gelar ketiga yang diperoleh oleh kecamatan ini selama tiga tahun berturut-turut, Terbaik II Kecamatan Johan Pahlawan, dan Terbaik III Kecamatan Arongan Lambalek. Kategori Pratama, Juara Terbaik I diperoleh oleh Kecamatan Pante Ceureumen, Terbaik II Kecamatan Sungai Mas, Terbaik III Kecamatan Woyla Barat, hadiah kepada para pemenang diberikan langsung oleh Bupati Aceh Barat bersama dengan para anggota Forkopimda Kabupaten Aceh Barat.

54

Sedangkan untuk Tingkat Gampong hadiah langsung diberikan oleh Wakil Bupati Aceh Barat Drs. H. Banta Puteh Syam, SH, MM dengan pemenang untuk Kategori Utama, Juara Terbaik I diperoleh oleh Gampong Kampung Belakang, Terbaik II Gampong Pasi Mesjid, dan Terbaik III Gampong Deuh. Selanjutnya Kategori Pratama, Terbaik I diberikan kepada Gampong Karak, Terbaik II Gampong Sarah Perlak, Terbaik III Gampong Baro WT.

63

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>