MUSRENBANG RKPD KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2018

musrenbang

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Bappeda kembali melaksanakan agenda tahunan daerah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun 2018 dengan Mengusung Tema

“ Melalui Musrenbang Tahun 2018 Kita Mantapkan Sarana Infrastruktur Dasar, Peningkatan Perekonomian Masyarakat dan Pembangunan Sosial Budaya yang Berkelanjutan Berlandaskan Dinul Islam ”

yang dilaksanakan di Aula Gedung Musyawarah Bappeda Kabupaten Aceh Barat pada tanggal 22 Maret 2017 yang dihadiri oleh Muspika Kabupaten Aceh Barat, Anggota DPRA, Anggota DPRK Aceh Barat, Bappeda Aceh, Kepala BPM Aceh, Para Forkopimda Kab. Aceh Barat, Intansi Vertikal dan Stakeholder terkait, Asisten Bupati Aceh Barat, Staf Ahli Bupati Aceh Barat, Kepala SKPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat serta Para Camat dan Delegasi Gampong dengan total jumlah peserta kurang lebih sebanyak 500 orang. Acara ini dibuka oleh Bupati Aceh Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Drs. Bukhari, MM.

Dalam laporan ketua panitia penyelenggaran yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Barat HT. Ahmad Dadek, SH beliau memaparkan bahwa rangkaian pelaksanaan musrenbang telah dilaksanakan mulai dari tingkat gampong pada Bulan Desember sampai dengan Bulan Januari 2017 yang menghasilkan dua jenis usulan yaitu usulan untuk dana desa dan usulan yang dibawa ke tingkat kecamatan. Kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat Kecamatan yang dilaksanakan tanggal 20 Februari s.d 8 Maret 2017 dan Forum SKPK pada tanggal 16 Maret 2017. Sedangkan jumlah usulan yang akan dibahas pada musrenbang kali ini beliau menyebutkan sebanyak 1.895 usulan yang terdiri dari 599 usulan Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas dan Usulan dari Musrenbang Kecamatan sebanyak 1.296 usulan. Usulan-usulan ini akan dibahas kembali oleh SKPK bersama dengan perwakilan kecamatan dan gampong yang dibagi dalam 3 (tiga) kelompok kerja (1) Kelompok kerja bidang Sarana dan Prasarana (2) Kelompok kerja bidang Ekonomi (3) Kelompok kerja bidang Sosial Budaya.

musrenbang 1

Dalam kesempatan ini Wakil Ketua DPRK Aceh Barat Bpk. Usman dalam sambutannya beliau juga mengharapkan bahwa (1) Penyelenggaraan musrenbang ini dapat menghasilkan rencana pembangunan yang rasional, fleksibel dan bernilai strategis dalam mendorong pencapaian dan tujuan pembangunan daerah. (2) Setiap rencana dan langkah-langkah penanganan program kegiatan yang dibahas melalui musrenbang ini harus dapat dilaksanakan, dan (3) Kepada peserta harus mampu menyusun rencana pelaksanaan program prioritas pembangunan Kabupaten Aceh Barat sekaligus mengawal setiap program tersebut tepat sasaran dan tidak menjadi polemik dimasa akan datang. Beliau juga menyampaikan DPRK sebagai mitra eksekutif membuka pintu apabila ada hal-hal yang memerlukan koordinasi dan persetujuan dewan, “ kita menginginkan sinergitas eksekutif dan legislatif dalam rangka mendorong pembangunan daerah yang kita cintai ini berjalan baik” Kata Wakil Ketua DPRK Aceh Barat.

musrenbang 2

Selanjutnya pada momen ini juga dilakukan pemberian Anugerah H. Daud Dariyah Tahun 2017 bagi Gampong dan Kecamatan yang baik dalam perencanaan dan pengelolaan dana desa Tahun 2016. Penghargaan untuk tingkat kecamatan diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Drs. Bukhari, MM, dimana Kategori terbaik III diberikan kepada Kecamatan Kaway XVI, Kategori terbaik II diberikan kepada Kecamatan Pante Ceureumen, dan Kategori terbaik I masih diperoleh Kecamatan Meureubo. Sedangkan untuk tingkat gampong hadiah diserahkan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Barat H.T Ahmad Dadek, SH, untuk kategori harapan III diperoleh Gampong Pante Cermin Kec. Pante Ceuremen, Harapan II diperoleh Gampong Paya Lumpat Kec. Samatiga, Harapan I diperoleh Gampong Gaseu Kec. Sungai Mas, Kategori terbaik III diperoleh Gampong Kuta Padang Kec. Johan Pahlawan, Kategori terbaik II diperoleh Gampong Pante Mutia Kec. Arongan Lambalek, dan Terbaik I diperoleh oleh juara bertahan tahun lalu Gampong Pasi Pinang Kec. Meureubo.

Sedangkan untuk Pemberian Penghargaan CSR AWARDS 2017 diserahkan oleh Wakil Ketua DPRK Bpk. Usman, Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan terbaik dalam mengelola dana CSR Tahun 2016. Kategori Terbaik I diberikan kepada PT. Mifa Bersaudara, Kategori Terbaik II diberikan kepada PT. Betami, dan Kategori Terbaik III diberikan kepada PT. Bank Aceh Cabang Meulaboh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>